Menjamin Pertandingan Sportif

Dammam Cup 2013 – Tinggal hitungan 3 x 24 jam lagi, putaran 8 besar akan segera bergulir. Ya, hari Jum’at (8/3/2013) lusa merupakan hari pertama digulirkan laga perempat final bagi 8 tim yang berhasil lolos menjadi juara dan runner up grup di babak penyisihan. Bagaimana persiapan panitia agar tercipta pertandingan yang sportif dan menarik?

Menjadi panitia sebuah acara yang menaungi banyak orang seperti Dammam Cup ini, tentu bukan perkara yang mudah. Terutama lagi, pada waktu yang sama, panitia juga seorang TKI, yang mempunyai kewajiban dan tugas yang tidak sedikit. Jika di siang hari tunduk oleh perintah majikan atau perusahaan tempat panitia bekerja, di malam hari, panitia mengatur dan menyusun rencana pertandingan Dammam Cup. Jelas, membutuhkan pengorbangan waktu, tenaga, pikiran, dan terkadang harta. Jika demikian adanya, maka peran peserta Dammam Cup beserta pendukungnya, sangat diperlukan demi kelancaran acara.

Panitia Dammam Cup on fire

Panitia Dammam Cup on fire

 

Rapat Koordinas Panitia Dammam Cup 2013

Panitia Dammam Cup 2013, yang dikomandani Muhammad Said, satu minggu sebelum bergulir babak 8 besar, telah mengadakan koordinasi bersama panitia lainnya. Bertempat di sektretariat panitia di Jalawiyah, beberapa keputusan telah diambil untuk menyukseskan turnamen antar tim se-Wilayah Timur ini. Berikut di bawah ini poin-poin penting yang telah direncanakan panitia.

– Mempertemukan secara silang juara grup dengan runner grup; juara grup A vs runner up grup C begitu pula sebaliknya, dan juara grup C vs runner up grup D begitu pula sebaliknya. Aturan silang ini akan menjamin tidak bertemunya dua tim dalam satu tim kecuali jika keduanya lolos di final kelak. Jadi, cukup adil dan kompetitif.

– Memilih wasit yang paling berkompeten di antara yang ada. Peran wasit menjadi sangat penting di lapangan, karena memimpin pertandingan antar dua tim, selain menguasai peraturan yang ada, wasit juga harus adil tidak memihak kepada salah satu tim tertentu. Untuk itu, panitia telah menyiapkan wasit yang siap memimpin pertandingan dalam babak 8 besar, dan mereka adalah hasil seleksi selama babak penyisihan.

– Memutuskan lapangan 1 dan 2 di Daarin Mall Square sebagai lokasi pertandingan perempat final. Alasan ini sangat logis, selain karena lokasi yang strategis, juga luas lapangan yang lebih standar daripada dua lapangan lainnya. Panitia pun akan mudah memantau jalannya pertandingan, sekaligus penonton akan mudah menyaksikan tim kesayangannya bertanding tanpa harus turun ke lapangan.

– Mengkoordinir panitia lebih solid dengan mengadakan absen pada setiap pertandingan. Hal ini telah dilakukan di akhir pertandingan babak penyisihan beberapa pekan yang lalu. Tujuannya, untuk meningkatkan kinerja panitia demi menyukseskan Dammam Cup 2013 ini.

Poin-poin lainnya juga dibicarakan dalam rapat koordinasi Jum’at (1/3/2013) yang lalu yang tidak dapat dituliskan semuanya di sini. Apapun rencana dan strategi panitia untuk menyukseskan Dammam Cup 2013 ini, tidak bisa lepas dari dukungan seluruh tim dan pendukungnya. Jika panitia memiliki rencana yang mantap, koordinasi yang solid, plus dukungan seluruh pemain dari setiap tim peserta dan pendukungnya, niscaya Allah Ta’ala akan memberikan kemudahan meraih apa yang dicita-citakan [jalal]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s