Menghindari Kram Saat Bertanding

kram kaki

kram kaki

Di banyak pertandingan yang digelar dalam Dammam Cup 2013 selama ini, telah terjadi kram pada beberapa pemain. Setiap orang pasti kesal bahkan kesakitan jika otot kram dan menghambat olahraga anda. Kram diawali dengan kejangnya otot selama beberapa detik dan menimbulkan rasa sakit yang amat pada beberapa menit kemudian.

Kram dapat dihindari dengan langkah berikut:

1. Hindari dehidrasi

Mineral yang terdapat pada air berfungsi sebagai mekanisme tubuh. Seperti contoh jika mesin tidak di beri oli pada girnya maka mesin tersebut akan cepat aus dan rusak. Sama seperti halnya tubuh manusia jika tidak diberi air apalagi sampai dehidrasi yang terjadi adalah orang mudah terkena kram sehingga menghambat olahraganya. Agar tidak terjadi dehidrasi saat berolahraga, minumlah air putih secukupnya.

2. Usahakan pemanasan sebelum berolahraga

Langkah ini penting untuk mencegahnya terjadi kram pada otot anda karena tubuh perlu adaptasi terhadap gerak tubuh yang digunakan untuk berolahraga. Apabila olahraga tanpa pemanasan maka otot pada tubuh akan kaget sehingga otot pada tubuh bekerja berlebihan sehingga kram lah yang terjadi.

3. Hindari overheating

Overheating yang dimaksud adalah panas pada tubuh anda terlalu berlebihan saat berolahraga. Penyebab overheating adalah dehidrasi yang berkepanjangan sehingga berdampak kepada otot dan mengakibatkan kram. Solusinya adalah minum air putih secukupnya di sela-sela latihan.

4. Lengkapi kebutuhan kalsium, potasium dan magnesium

Potasium merupakan elektrolit yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kemudian kalsium adalah mineral penting untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang serta menjalankan peran sebagai keseimbangan kontraksi otot pada tubuh. Lalu magnesium juga merupakan elektrolit yang menjaga keseimbangan cairan. Apabila ke-3 zat ini tidak terpenuh, maka anda akan sering mengalami gangguan otot seperti kram. Untuk itu konsumsilah makanan yang mengandung ke-3 zat ini seperti susu, kacang-kacangan, berbagai ikan dan jenis lainya yang berperan dalam ke-3 zat ini.

Sudah tahukan penyebab kram dan solusi mencegah kram terjadi? Nah, sekarang ubah kebiasaan supaya anda berolahraga dengan baik. [dari berbagai sumber]

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s